TerminologiJaringanKomputer2


Selamat Membaca,




Terminologi Jaringan Komputer II




Terminologi Jaringan Komputer merupakan pembangunan sebuah jaringan yang bergantung pada kondisi dan kebutuhan individu. Terdapat beberapa jenis Terminologi Jaringan, diantaranya :
  • Local Area Network atau LAN
  • Metropolitan Area Network atau MAN
  • Wide Area Network atau WAN
  • Storage Area Network atau SAN
  • Sistem Area Network atau SAN
  • Small Area Network atau SAN
  • Personal Area Network atau PAN
  • Desk Area Network atau DAN
  • Contoller Area Network atau CAN
  • Cluster Area Network atau CAN
1. Local Area Network (LAN)




LAN merupakan suatu jenis jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal, seperti dalam gedung sekolah, perusahaan, dsb. Perangkat jaringan yang digunakan cukup sederhana dan popular, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted-pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya. 

2. Metropolitan Area Network (MAN)


MAN merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari jaringan komputer LAN. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya (antar kota). Membuat suatu jaringan MAN, perlu adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall modern yang saling berhubungan antar kota.

3. Wide Area Network


WAN merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jenis jaringan komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan Negara lain atau dari suatu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

4. Personal Area Network (PAN)

PAN merupakan jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak yang sangat dekat hanya dalam beberapa meter saja. Contohnya: menghubungkan hp dengan laptop menggunakan bluetooth.

5. Desk Area Network (DAN)



DAN adalah workstation multimedia berbasis interkoneksi di sekitar ATM. Semua komunikasi peripheral dicapai dengan mengirimkan sel ATM tersebut melalui switch fabric,bahkan komunikasi antar CPU dan MEMORY utama sekaligus.

6. Storage Area Network (SAN)

SAN adalah sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yng khusus, terdiri dari server dan penyimpanan (storage).

7. System Area Network (SAN)
SAN (System Area Network) adalah koneksi-koneksi performa hardware tinggi dan kecepatan koneksi tinggi dalam sebuah konflurasi cluster.

8. Small Area Network (SAN)
SAN (Small Area Network) digunakan untuk menghubungkan Integrated Circuit (IC) kompenen pada papan sirkuit cetak atau dalam system. Karena biaya rendah, fleksibilitas, dan karakteristik hemat ruang, Small Area Networks memberikan control perangkat, media keamanan, dan pemantauan dalam produk elektronik mulai dari ponsel, untuk PC, dan untuk system server computer yang besar.

9. Contoller Area Network
CAN adalah subuah protocol komunikasi serial, yang secara efektif membantu mendistribusikan real-time control dengan keamanan tingkat tinggi. Pengalamatan yang dipergunakan berdasarkan pesan dengan menggunakan metode pemgambilan acak disertai dengan pendeteksian kolisi dan bit to bit arbitrasi.

10. Cluster Area Network
Cluster Area Network (CAN) adalah jaringan yang terbentuk dari beberapa jaringan LAN namun tidak cukup besar untuk disebut MAN. Maka lahirlah Cluster Area Network (CAN) contohnya adalah jaringan dalam kampus atau perumahan.

Selain beberapa jenis Terminologi diatas, terdapat beberapa terminologi lagi yang dikenal dalam Sistem Komunikasi maupun Jaringan yaitu :
  • Node : Node biasanya diasumsikan sebagai Terminal/Workstation, dimana sebagai salah satu titik sambungan, titik redistribusi, atau titik akhir komunikasi (beberapa terminal peralatan). Dalam komunikasi data, node jaringan fisik dapat berupa sebuah peralatan komunikasi data (DCE) seperti modem , hub , bridge atau beralih ; atau peralatan terminal data yang (DTE) seperti handset digital telepon, printer atau komputer host , misalnya router, workstation atau server. 
  • Dumb Terminal : Terminal yang hanya terdiri dari VDU (Video Display Unit) dan Keyboard. Terminal ini tidak memiliki CPU sendiri. Dumb Terminal merupakan sebuah piranti yang digunakan untuk memasukkan, mentransmisikan data ke, dan menampilkan data dari komputer. Kemampuan pemrosesan piranti ini sepenuhnya tergantung pada komputer yang terhubung dengannya. Piranti ini seperti keyboard, mouse, dan monitor. 
  • Intelligent Terminal : Terminal dari CPU, VDU, dan Keyboard. Terminal ini mempunyai CPU tersendiri. 
  • Virtual : Adalah sesuatu yang sebenernya tidak ada, tetapi terlihat. Misalnya Virtual Drive Benda tersebut tidak ada, tapi tersedia. 
  • Transparent : Adalah kebalikan dari Virtual, yaitu sesuatu yang sebenarnya ada namun tidak terlihat. 
  • Physical : Segala sesuatu yang berbau fisik, yang dapat dilihat secara nyata dan dapat kita sentuh maupun kit araba secara langsung. Seperti contoh, Mikrotik, Switch, Harddisk, Keyboard, Mouse, Kabel, dsb. 
  • Logical : Sesuatu yang dapat dilihat tapi tidak dapat disentuh. 
  • Centralized Processing : Suatu sistem pengolahan data, yang mana pengaturan seluruh anggota sistem dilakukan oleh pengendali pusat. 
  • Distributed Processing : Suatu sistem pengolahan data, yang dimana pengolahan tersebut dilakukan di masing-masing terminal yang diatur oleh server. 
  • Card Adapter : Adalah suatu kartu antarmuka yang terpasang pada masing-masing terminal agar dapat terjadi komunikasi antara terminal tersebut. Sebagai contoh, LAN Card, USB, dan TP-Link. 
  • Host : Salah satu bagian dari perangkat keras komputer atau perangkat yang terhubung ke jaringan komputer. Hal ini diberi alamat IP yang unik dan dapat berfungsi sebagai sumber informasi, layanan, dan aplikasi yang dapat diakses oleh mesin pengguna lain atau dikenal sebagai terminal jarak jauh. Selain itu, host juga berfungsi sebagai pengendali utama suatu jaringan dimana semua proses pengolahan data berlangsung. 
  • Server : Suatu computer dengan system operasi, program aplikasi dan basis data, yang dimana server ini berfungsi untuk memberikan layanan kepada client – client yang memintanya. 
  • Workstation : Komputer yang digunakan untuk perhitungan ilmiah atau teknis, atau keperluan, yang dimana station ini berfungsi sebagai terminal pemakai yang terhubung server dan merupakan Intelegent Terminal yang dapat mengolah datanya sendiri karena dilengkapi dengan CPU sendiri. 
  • Routing : Sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah antar-jaringan (internetwork). Routing juga merupakan sebuah pengaturan Rute antara Node dalam jaringan komputer. Terdapat 2 jenis kelompok routing yaitu Rouing Dinamis & Statis. 
  • Repeater : Suatu perangkat yang memiliki fungsi untuk memperluas jangkauan sinyal. Hal ini karena, perangkat ini akan mengulang kembali sinyal yang didapatnya sehingga menyebabkan jangkauan sinyal tersebut menjadi luas. 
  • Brigde : Suatu perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah LAN yang mempunyai perbedaan pada lapisan OSI I dan OSI II. Misalnya LAN dengan Ethernet akan dihubungkan dengan LAN yang menggunakan Metode Token Bus. Bridge ini biasanya bekerja pada lapisan OSI Layer kedua yaitu Data Link. 
  • Router : Suatu perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki oerbedan pada lapisan OSI I, OSI II dan OSI III. Misalnya LAN dengan Netware akan dihubungkan dengan Jaringan menggunakan UNIX. Router ini biasanya bekerja pada lapisan OSI Layer ketiga yaitu Network. 
  • Brouter : Suatu perangkat yang merupakan penggabungan antara Bridge dan Router. Sehingga perangkat ini dapat difungsikan sebagai Bridge dan dapat juga difungsikan sebagai Router. 
  • Gateway : Perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki perbedaan seluruh lapisan OSI. Misalnya jaringan arsitektur SNA (System Network Architecture) akan dihubungkan dengan Jaringan yang menggunakan arsitektur DNA (Digital Network Architecture).
SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan Populer