JaringanEthernet

Jaringan Ethernet


Ethernet adalah keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN).  Standar Ethernet terdiri dari beberapa kabel dan sinyal yang beragam dari lapisan wujud OSI yang digunakan dengan Ethernet. Ethernet 10BASE5 asli menggunakan kabel sepaksi (coaxial cable) sebagai sarana berbagi (shared medium). Kabel sepaksi nanti akan digantikan dengan pasangan bengkok dan serat optik untuk penyambungannya dengan pusat (hub) atau pengalih (switch). Kecepatan data secara berkala semakin meningkat dari 10 Megabit per detik hingga mencapai 100 Gigabit per detik. Sistem perhubungan melalui Ethernet membagi aliran data menjadi potongan-potongan pendek yang disebut sebagai bingkai (frame). Setiap bingkai berisi alamat sumber dan tujuan, serta data pemeriksa kesalahan sehingga data yang rusak dapat dilacak dan terkirim kembali. Sesuai dengan acuan OSI, Ethernet menyediakan layanan sampai dengan lapisan taut data (data link layer). Jaringan Ethernet ini bekerja pada dua Layer, yaitu :
  1. Physical Layer
  2. Data Link Layer
Layer Phyisical dan Data link layer bekerja bersama-sama untuk memberikan fungsi pengiriman data melewati berbagai jenis jaringan fisik. Beberapa detail fungsi fisik harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum suatu komunikasi terjadi, seperti kabel jaringan, jenis-2 konektor yang dipakai pada ujung-2 kabel, dan begitu juga level voltage dan arus yang dipakai untuk encode binary 0 dan 1.

Varian Teknologi Ethernet
1. Ethernet
  • 10 Base T => Untuk jenis Ethernet 10 Base T menggunakan topologi star. Jenis topologi star ini, mudah pemasangannya serta mudah melakukan pengecekan jika terjadi kerusakan pada jaringan.Karena itu paling banyak digunakan. Pada 10 Base T kabel yang digunakan bukan coaxial tapi kabel UTP. Jaringan Ethernet 10-baseT mengijinkan kita untuk memakai kabel telepon yang sudah ada, atau kabel yang lebih murah jika dibutuhkan kabel baru dan menggunakan piranti apa yang disebut HUB. Jaringan fisik pada Ethernet 10-BaseT ini menggunakan Ethernet Card atau NIC (Network Interface Card) pada komputer, perkabelan serta sebuah HUB 
  • 10 Base F => Untuk jenis 10 Base F kabel yang digunakan adalah kabel serat optik. Jenis ini jarang digunakan, karena pemasangannya tidak mudah dan relatif mahal. Biasanya jenis ini dipakai untuk penghubung (link) antar segmen karena jaraknya bisa mencapai 2000 m, serta menggunakan kabel dengan jenis serat optik. Pada 10 Base F, untuk transmisi output (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berlainan.
  • 10 Base 2 => Jenis 10 Base 2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus. Namun kabel yang digunakan lebih kecil, berdiameter 5 mm dengan jenis twisted pair. 10 Base 2 dapat disebut juga Thin Ethernet, sebab menggunakan kabel Coaxial jenis Thin atau disebut sebagai Cheaper Net. Panjang maksimal sebuah segmennya menjadi lebih pendek, sekitar 185 m, dan bisa disambbung sampai 5 segmen menjadi sekitar 925 m. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih dari 30 unit komputer saja. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang membuat ujung-ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm. Untuk jenis konektor dipakai adalah jenis BNC.
  • 10 Base 5 => disebut juga Thick Ethernet, Sebab menggunakan kabel Coaxial jenis Thick. Topologi jenis ini menggunakan topologi bus.
2. Fast Ethernet 
Fast Ethernet merupakan sebuah sebutan untuk teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yang ditawarkannya mencapai 100 megabit per detik. Standar-standar yang dibuat untuk teknologi ini adalah 100BaseTX, 100BaseFX, 100BaseT4, dan 100BaseVG. Disebut juga 100BaseX. Fast Ethernet bergantung pada jenis media/kabel yang digunakan, tergolong atas beberapa tipe yaitu:
  • 100Base TX. Protokol 100 Base TX ini mendukung penggunakan kabel UTP kategori-5 seperti yang dipakai oleh 10 Base T, sehingga dapat digunakan tanpa banyak mengubah distribusi perkabelan yang sudah ada.
  • 100BaseFX. Tipe protokol ini mendukung penggunaan kabel serat optik dengan jarak maksimum 412 meter.
  • 100BaseT. 100 Base T disebut juga Fast Ethernet atau 100 Base X, adalah ethernet yang mempunyai kecepatan 100 Mbps.
3. Gigabit Ethernet 
Gigabit Ethernet (GbE atau 1 GigE) adalah istilah untuk menjelaskan berbagai teknologi transmisi frame Ethernet di tingkat yang gigabit per detik, seperti yang ditetapkan oleh standar IEEE 802,3-2.005. Half-duplex gigabit hubs terhubung melalui link yang diizinkan oleh spesifikasi tetapi di pasar-rakit dengan penuh aktif adalah norma. Intel Pro/1000 GT PCI kartu jaringan. Gigabit Ethernet bergantung pada jenis media yang digunakan, terdiri atas sebagai berikut :
  • 1000 Base TX => Merupakan jenis protokol Ethernet terbaru yang menggunakan kecepatan 1000 Gigabit per second (Gbps) dan mendukung pergunaan kabel UTP kategori-5.
  • 1000 Base SX dan 1000 Base LX => 1000 Base SX dan 1000 Base LX berdasarkan spesifikasi 802.3z yang mendukung penggunaan media serat optik mampu meneruskan data dengan panjang kabel sampai 550 meter untuk protokol 1000 Base SX, dan 3000 meter untuk protokol 1000 Base LX, tergantung tipe dan mode serat optik yang dipakai.
  • 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik => Untuk ethernet yang satu ini, standarnya belum banyak diimplementasikan di berbagai perangkat komputer.

Komentar

Postingan Populer